Labels

Sabtu, 08 Februari 2014

Dua Smatphone Blackberry 10 Keluaran Baru

Ilustrasi Blackberry 10
BlackBerry akan memperkenalkan dua smartphone BlackBerry 10 terbarunya yang mengambil nama provinsi di Indonesia dan Kanada. Keduanya akan disandingkan dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol, akhir Februari ini.

Seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Sabtu (8/2/2014), BlackBerry kabarnya akan memperkenalkan BlackBerry Jakarta dan BlackBerry Ontario. Khusus untuk spesifikasi Ontario sendiri, berdasarkan hasil benchmark, akan mengusung prosesor Snapdragon 800 dengan clock 2.15 GHz keluaran Qualcomm, RAM 2GB, serta sistem operasi BlackBerry 10.3.

Sementara untuk BlackBerry Jakarta, belum diketahui secara pasti spesifikasinya selain mengusung layar sentuh penuh. Namun seperti dikatakan oleh John Chen, CEO BlackBerry, ponsel yang akan diproduksi oleh Foxconn ini akan dibanderol dengan harga di bawah USD 200 atau sekitar Rp 2 jutaan.

Kehadiran smartphone murah BlackBerry Jakarta mungkin tinggal menunggu waktu saja seiring ditandatanganinya Letter of Intent (LoI) antara Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Chairman Foxconn Terry Gou untuk membangun pabrik seluas 200 hektar di kawasan Marunda, Jakarta Utara.

Kesepakatan ini jelas merupakan kemajuan pesat karena masalah lokasi pabrik menjadi satu-satunya kendala besar bagi Foxconn untuk merealisasikan kerjasamanya dengan BlackBerry dalam komitmen menghadirkan smartphone murah berkualitas dengan rentang harga di bawah USD 200.

Kalau dilihat dari rentang waktunya, BlackBerry Jakarta 'made in Marunda' ini mungkin baru hadir paling cepat di akhir 2014 mengingat Foxconn baru akan kembali April nanti untuk memperlihatkan blueprint dari rencana pembangunan pabrik.

Chairman Foxconn Terry Gou bahkan menyebut, pembangunan pabrik baru biasanya akan memakan waktu 3-5 tahun dan menghabiskan biaya sedikitnya USD 1 miliar atau Rp 12 triliun lebih. Jadi seperti yang sudah ia sampaikan sebelumnya, BlackBerry Jakarta kemungkinan akan diproduksi terlebih dulu di pabriknya yang ada di China demi mengejar deadline BlackBerry.

Ya, sembari menunggu BlackBerry Jakarta benar-benar bisa diproduksi langsung di Jakarta, Foxconn memang tak bisa menunggu lama. Pasalnya, BlackBerry tentu tak ingin kehilangan momen untuk memperkenalkannya di ajang MWC 2014 di Barcelona, akhir Februari nanti.