Follow by Email

Senin, 27 Mei 2019

Kunci Pengaman Motor Yang Mudah Dipasang

Tips untuk mengamankan motor dari incaran pencuri. Meskipun tidak menjamin 100% motor kita aman dari incaran pencurian, namun setidaknya bisa membuat pencuri berpikir ulang untuk mencuri motor kita. Dan justru posisinya diatas dan mudah terlihat. Ini juga menjadi peringatan pencuri untuk berpikir ulang dan mencari sasaran lain yang lebih mudah dicuri.

Kunci Pengaman Ganda Motor
Caps-Lock Kunci Pengaman Ganda Motor
Caps-Lock atau ada yang Grip-Lock merupakan kunci pengaman motor yang mudah dipasang oleh siapa saja. Ini dipasang pada stang stir dan tuas rem motor. Saya sarankan dipasang pada stang kanan, kunci stang gas dan tuas rem depan. Ini pada motor jenis bebek atau matik.



Dengan posisi tersebut, akan mengunci gas dan rem depan. Gas tidak akan bisa diputar, rodapun juga terkunci. Dan kenapa tidak dikiri saja. Sama-sama bisa kunci rem. Kalau posisi dikiri, yang dikunci hanya rem saja. Jika malingnya mengendurkan setelan rem yang ada dibawah deket roda. Rem tidak terkunci lagi dan motor bisa jalan.

Berbeda jika diposisi bagian kanan. Karena selain rem, yang dikunci adalah gas. Jika pencuri berhasil memutus kabel rem, tetapi gas masih terkunci dan tidak bisa diputar, motor kita tidak akan bisa dibawa dengan cepat oleh pencurinya, apalagi jika pencurinya memotong kabel gas, motor malah tidak bisa dibawa kabur kecuali didorong heheheheheh.

Dan jika mau melepas dengan menarik pegangan gas, itu juga akan sulit dan memakan waktu serta menarik perhatian orang. Karena itu tadi, posisinya diatas dan mudah dilihat orang. Jadi sipencuri akan berpikir ulang.

Dan ada lagi tambahan, usahakan posisi stir menghadap kekanan. Karena akan sedikit merepotkan pencuri memasukkan kunci T.

Pencuri biasanya akan mengincar motor yang sekiranya tidak memakan banyak waktu heheheheh. Waktu 1 menit sudah sangat lama. Dengan posisi kunci tambahan ada diatas serta stang motor menghadap kekanan ini sudah menjadi warning, berapa waktu yang dibutuhkan.