Follow by Email

Sabtu, 11 Mei 2019

Solusi Harddisk Tidak Terbaca Di DVR CCTV



Mungkin ada teman-teman pembaca blog saya ini yang sedang mengalami harddisk tidak detek atau tidak terbaca pada dvr cctv. Padahal hardisk masih baru dibeli. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri, pada cctv di gudang teman. Dimana listrik disana sering listrik padam. Sehari bisa 2 kali padam. Akibat dari seringnya listrik padam 1 harddisk sudah menjadi korban. DVR masih bisa menampilkan gambar namun tidak dapat merekam. Dicek ternyata hardisknya tidak terdeteksi.

Harddisk coba dipasang di PC sama sekali sudah tidak terbaca dan berbunyi cetek cetek. Karena kebutuhan mendesak dan harus cepat, maka segera dibelikan harddisk baru merek seagate 500gb 7200rpm. Dipasang langsung bisa rekam.

Ini tidak berlangsung lama. Mungkin bertahan 3 bulan saja. Setelah itu tidak terbaca lagi. Coba dipasang di PC, ternyata masih terbaca. Kecurigaan langsung tertuju pada dvrnya. Beli DVR baru lagi yang hanya 4 chanel hybrid seharga 350rb di online shop yang ada di shopee. Di kota saya tidak ada yang harganya murah, cari yang 4 chanel tidak ada. Yang ada 8 chanel. Untuk hemat biaya, maka dibelilah melalui shopee.


Hanya 3 hari barang sudah sampai. Hardisk dipasang dan langsung detek bisa baca dan rekam. Lagi-lagi akibat sering padam. Kali ini lebih cepat lagi, hanya 1 bulan harddisk sudah tidak terbaca. Dipasang di PC ternyata hardisk masih normal dan tidak ada badsector. Cek menggunakan HDD Regenerator.

Awalnya curiga dvrnya lagi, namun masih ragu. Karena di PC bisa tapi di dvr kok tidak bisa. Akhirnya terpikirkan, mungkin bermasalah pada sumber listriknya. Akhirnya dicobalah pada adaptor punya kamera cctv, voltase sama 12V dan 2A. Ternyata setelah dipasang adaptor lain, hardisk bisa terdeteksi lagi dan bisa merekam. Tanpa beli harddisk baru dan DVR baru.

Jadi salah satu penyebab harddisk tidak terbaca atau DVR tidak merekam adalah adaptor yang rusak. Meskipun dvr bisa menampilkan gambar, bukan berarti adaptornya normal. Adaptor ini harganya murah, di kota saya 12V 2A harganya hanya 25ribu saja.