Catatan mingguan salim pengalaman seputar parabola tv operator selular cctv dan aplikasi android. Terbit setiap jumat pagi

Jumat, 14 Februari 2020

Cara Blokir Kartu Telkomsel Yang Hilang


Kartu Simpati, AS, Halo dan Loop hilang jangan disepelekan ya, terutama yang teregistrasi pada jasa perbankan. Handphone di kasih pin, pola, password dan pindai sidik jari belum menjamin kartu yang hilang aman dari penyalahgunaan. Pada umumnya, pin, pola dan password atau sidik jari hanyalah mengunci handphone agar tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Memang data kita yang ada dihandphone tidak bisa dibuka oleh orang lain. Jika HP direset peluang data kita dilihat orang juga kecil, bahkan bisa hilang sebelum dilihat orang. Namun apa yang terjadi jika kartu kita dipindah di HP lain dan disalahgunakan? Bayangkan sendiri ya! hehehehehhe

Kartu tersebut registrasi atas nama kita. Tanggung jawab penuh adalah pemilik identitas teregistrasi di kartu. Jika terhubung dengan jasa perbankan lebih beresiko lagi. Saldo direkening bisa terkuras habis. Seperti dimuat di cnbc ini https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200120161406-37-131340/kok-bisa-rekening-bank-dibobol-lewat-sim-card-ponsel

Jika kartu Telkomsel teman-teman (simpati, As, Loop, Halo) hilang, segera blokir melalui call center 188 dari nomor Telkomsel Lain biaya Rp.300 per panggilan yang terhubung , jika dari operator lain 08071811811 berlaku biaya telepon lokal. Untuk yang sedang berada diluar negeri 08110000333 tidak dikenakan biaya.

Validasi data kepemilikan tetap berlaku ya teman-teman. Siapkan identitas teman-teman seperti KTP, Nomor KK, nomor-nomor handphone yang paling sering dihubungi dalam 30 hari terakhir. Ini harus valid, jika tidak valid, permintaan blokir sementara tidak akan dilayani. Serta ada kemungkinan validasi lain yang tidak tertulis di blog saya ini. Jika itu memang kartu sendiri dan teregistrasi dengan biodata sendiri, saya yakin pasti lolos validasi.

Kita juga tidak perlu khawatir nomor kita diblokir oleh orang lain. Karena itu selalu jaga kerahasiaan data kita. Jangan ada orang lain tahu.

Jika proses blokir melalui call center selesai, segera lakukan proses ganti kartu di My Grapari, atau di Grapari Telkomsel terdekat. Jika terhubung dengan jasa perbankan siapkan kartu identitas lain, seperti paspor, buku tabungan, SIM dsn kartu identitas resmi yang lain. Untuk lokasi terdekat bisa diketahui melalui aplikasi MyTelkomsel atau melalui call center. Setelah proses ganti kartu selesai, jangan lupa minta open blokir ya.

Kartu yang sedang diblokir tidak akan bisa untuk melakukan panggilan telepon, sms, internet, transfer pulsa serta tidak bisa ditelepon dari nomor lain. Ketika diisi pulsa juga tidak akan bisa masuk.

Tips tambahan, teman-teman sebaiknya memisahkan antara kartu yang terhubung dengan jasa perbankan dengan kartu yang sifatnya umum. Pisahkan kartu yang terhubung dengan jasa perbankan dengan kartu yang dipakai untuk aplikasi sosmed, aplikasi ecomerce,chating dan yang sejenis lainnya.

Dengan cara tersebut, bisa meminimalisir jumlah orang yang mengetahui nomor kita yang terhubung dengan jasa perbankan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Follow by Email